Rabu, 25 Maret 2009

TIPS RENANG

Melanjutkan tulisan tentang mengambil nafas gaya dada.
Mari kita melanjutkan untuk belajar gaya dada,sekarang tips termudah untuk mengambil nafas gaya dada . Setelah kemarin kita belajar tendangan kaki gaya dada sekarang kita lanjutkan cara mengambil nafas gaya dada dengan cara : Pertama-tama kita meluncur kemudian tending kan kaki gaya dada dua kali dengan jarak waktu antara tendangan yang pertama dan tendangan yang ke dua sekitar dua atau tiga detik kemudian setalah tendangan yang ke dua juga kita tunggu kira-kira tiga detik ,ketika kepala kita muncul di permukaan air kita buka tangan kita kita dayung ke samping kira-kira dua kali lebar bahu sambil lepala dongakkan uantuk mengambil nafas bersamaan dengan tangan membuka ke samping dan pada saat itu juga hembuskan nafas , dan ketika mulut anda keluar permukaan air ambillah nafas dengan membuka mulut .
Jika cara itu tidak berhasil untuk mengambil nafas tenang saja masih banyak cara lain atau dengan cara terasebut kemudian kita tambah kan tekanan tangan sedikit ke dalam air tentu akan bisa mengangkat kepala anda ke atas air. Rincianya begini, setelah siklus tendangan di atas kita laksanakan kemudian buka tangan ke samping sambil dongakkan kepala ke atas jika itu tidak berhasil ,ketika tangan anda membuka kira-kira dua kali lebar bahu, tekan tangan anda ke bawah sehinggan ke duanya bertemu di bawah dagu anda. Tetapi jangan tarik tangan anda kearah belakang karena hal itu tidak akan memberikan dorongan kepala anda ke atas melainkan akan mendorong tubuh anda kedepan dan tujuan anda untuk mengambil nafas tidak tercapai .
Ulang-ulang gerakan tersebut sampai anda bisa mengambilnafas setelah siklus dua kali tendangan, mengapa harus dua tenddangan tidak tiga atau satu . Sebenarnya sah-sah saja berapa kalipun anda menendang ,satu, dua atau tiga atau lebih dari itu .Tentu saja ada alasan untuk itu.
Mengapa dua , untuk tahap permulaan yang di anjurkan adakah dua kali tendangan karena jika anda menendang sekali dengan kualitas tendangan yang kurang kuat kemungkinan tubuh anda masih tenggelam di dalam air, dengan dua kali tendangan diharapkan tubuh anda sudang mengambang di atas permukaan air atau tidak terlalu dalam dari permukaan air, sehingga akan mudah untuk mengambil nafas .Dan mengapa tidak tiga kali . Kalau tiga kali diperkirakan akan terlalu lama antara pengambilan nafas yang pertama dan dan seterusnya .Dengan menahan nafas telalulama akan mempercepat anda lelah dan juga bila menehan nafas akan menjadikan tubuh anda menjadi lebih tegang sehingga akan lebih sesah untuk di kendalikan ketika mengambil nafas ,karena badan kita tegang sehingga badan kita oleng .Tetepi jika anda sekuat itu tiga atau lebih ya… tidak apa-apa.
Selamat mencoba semoga berhasil. Setelah ini ada tips lagi untuk memudahkan bagi anda . Tunggu selanjutnya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
eXTReMe Tracker